1 Desember 2021

Perbedaan dan Kelebihan Ban Motor Tubeless Vs Biasa, Serupa tapi Tak Sama

3 min read
Ban Tubeless Vs Ban Biasa

Ilustrasi ban motor/Foto: Debby Ayu Pramesti

Ottifo.com – Ban menjadi salah satu komponen penting dari kendaraan. Selain mesin, penggunaan ban juga patut jadi pertimbangan. Mulai dari sepeda, sepeda motor hingga mobil harus mempertimbangkan pemilihan penggunaan jenis ban guna mendapatkan hasil maksimal dalam berkendara. Apalagi fungsi utamanya sangat krusial mengingat ban sangat berkaitan langsung dengan gerak laju kendaraan itu sendiri.

Tatkala ban yang terpasang pada kendaraan sudah mengalami kerusakan karena berbagai hantaman yang menimpanya, hal tersebut tentu akan mengganggu kenyamanan berkendara. Maka memilih dan menggunakan ban harus tepat dan disesuaikan dengan berbagai kondisi. Selama ini kebanyakan orang menganggap semua ban adalah sama, sehingga mereka hanya merawat seputar penggantiannya saat ban dalam aus dan grip ban luar sudah mulai halus.

Dalam dunia otomotif, secara umum terdapat dua jenis ban motor yang beredar di pasaran dan juga biasa dijadikan pilihan untuk digunakan pada kendaraan bermotor yakni Ban Tubeless dan Ban Biasa (Tube). Kendati sering digunakan dan umum di pasaran, namun kedua jenis ban ini memiliki perbedaan dari karakteristiknya.

Cara membedakan yang paling utama adalah penggunaan ban dalam untuk ban biasa, sementara ban tubeless tidak menggunakan ban dalam. Untuk harga sendiri dapat dipastikan bahwa harga ban tubeless lebih mahal daripada harga ban biasa, ini disebabkan struktur ban tubeless lebih kuat, tebal dan berat, karena dilengkapi dengan bahan seperti bahan nilon dan lingkaran kawat.

Adapun beberapa karakteristik yang menjadi pembeda antara ban tubeless dan biasa seperti yang dilansir dari HSR Wheel antara lain:

  • Material Ban

Material dasar kedua jenis ban tersebut memiliki bahan yang sama yaitu sama-sama terbuat dari bahan karet buatan atau karet sintetis. Hal yang membedakan hanya berada pada lapisan dalam ban. Pada ban tubeless lapisan dalam dilengkapi dengan fluid sealant. Sedangkan pada ban biasa, lapisan ini diganti dengan lapisan yang bernama ban dalam.

  • Bentuk Ban

Jenis ban tube atau ban biasa memiliki bentuk seperti persegi. Sedangkan ban tubeless memiliki bentuk yang lebih bulat. Perbedaan bentuk ini bisa dijadikan pertimbangan dalam menggunakannya yang disesuaikan dengan kebutuhan berkendara.

  • Ketahanan Ban

Selain dari karakter ban, ketahanan kedua jenis ban ini juga berbeda. Bila dilihat dari jangka waktu penggunaannya, ban tubeless bisa bertahan sampai 1,5 tahun selama ban tidak mengalami kebocoran. Tahan akan kebocoran yang dimiliki ban tubeless didapat dari komponen lapisan dalam ban yakni fluid sealant. Sedangkan ban biasa memiliki tingkat kebocoran yang relatif besar sehingga mempercepat proses pergantian ban.

  • Karakter dan Harga Ban

Dari segi karakter, ban tubeless lebih kuat dan kokoh dalam berbagai kondisi jalan. Sedangkan ban biasa, memiliki performa yang cukup baik untuk meredam getaran di jalan. Jika dilihat dari segi harga, ban biasa lebih murah dibandingkan dengan ban tubeless.

Perbedaan-perbedaan tersebut bisa dijadikan pertimbangan dalam memilihnya untuk kendaraan Sobat OT. Pemilihan penggunaan tentunya didasarkan pada kebutuhan berkendara mulai dari jenis medan hingga jenis kendaraan yang digunakan.

Kelebihan Ban Biasa (Tube Type)

  • Lebih murah.
  • Memiliki pegangan yang lebih baik.
  • Terhindar dari masalah kehilangan tekanan udara.
  • Tidak mudah panas.
  • Kebocoran ban mudah diperbaiki hampir di setiap bagian ban.
  • Lebih kuat untuk jalanan yang kurang bagus, ini disebabkan karena struktur karet yang dimilikinya lebih empuk.
  • Dapat digunakan pada semua jenis velg ban.
  • Pemakaian bisa dalam jangka waktu 2 tahun.

Kelebihan Ban Tubeless

  • Tahan bocor dan stabil pada kecepatan tinggi.
  • Praktis tanpa ban dalam.
  • Lebih menggigit dan stabil jika dibawa menikung atau bermanuver pada kecepatan tinggi. Bentuknya yang solid dan stabil menjadikan ban tubeless memiliki daya cengkeram terhadap jalan yang lebih baik. Kelebihan inilah yang menjadikan ban tubeless menjadi pilihan penggunaan ban dalam berbagai ajang balap.
  • Lebih awet.
  • Aman saat hujan. Karena ban tubeless memiliki tapak yang lebih lebar, relief groove atau kembangan yang lebih dalam dibanding ban biasa. Dengan demikian ban tidak akan mudah selip saat melewati jalanan basah.
  • Masih bisa digunakan meskipun tertusuk paku.
  • Konturnya sangat pas antara ban dengan jalanan.
  • Tak hanya itu, ban tubeless juga dinilai lebih keras dibanding ban biasa. Hal tersebut terjadi karena struktur karetnya yang lebih tebal dan padat.

Meski punya beberapa kelebihan, sayangnya banyak orang masih belum tertarik memakai ban tubeless karena harganya yang lebih mahal. Padahal, jika dipikir-pikir sama saja biaya perawatannya, malah lebih jarang bolak-balik tukang tambal lantaran daya tahan ban tubeless yang lebih kuat.

Itu tadi beberapa perbedaan beserta kelebihan Ban Biasa Vs Ban Tubeless. Bagaimana sudah tidak bingung lagi bukan membedakannya? Jangan sampai salah pilih, sebab ban sangat menentukan performa dan kinerja sepeda motor dalam menemani aktivitas harian kita. Tetap setia pada ban biasa atau setelah membaca artikel ini Sobat OT jadi pindah haluan ke ban tubeless nih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *