2 Desember 2021

Cuci Helm Sendiri, Praktis Bau Apek Hilang

3 min read

Sumber : Pinterest

Ottifo.com – Sebagai perangkat kendaraan yang sering digunakan para bikers, helm mudah sekali bau dan kotor. Maka dari itu, helm butuh banget perawatan khusus agar selalu nyaman untuk digunakan. Kamu nggak mau bukan helm mu bau apek?

Selain mengatasi timbulnya bau tak sedap, mencuci helm juga berguna untuk mencegah hinggapnya bakteri penyebab penyakit kulit. Mengutip dari 100kpj.com Richard Ryan, salah satu expert helm mengatakan bahwa helm yang tidak dicuci selama berbulan-bulan akan menimbulkan masalah pada kulit dan kepala lantaran banyaknya bakteri yang menumpuk pada dalam helm. “Helm itu kan lembab, pasti akan timbul jamur dan kotor,” ujarnya.

Helm menjadi salah satu pelindung kepala untuk para pengendara motor. Saat ini, beberapa produsen helm menghadirkan beberapa produk helm yang sesuai dengan karakter atau jenis motor. Seperti halnya motor sport yang identik dengan helm full face, begitu juga dengan motor trail yang menggunakan helm khusus. Sekarang juga mulai muncul tren helm baru yakni retro.

Dilansir dari Hipwee, berikut cara mencuci helm di rumah sendiri dengan budget yang minim dan tentunya praktis.

  • Buka dan lepas dulu beberapa bagian helm

Pertama yang harus sobat OT lakukan adalah melepas bagian kaca dan busa yang ada di tiap sisi helm. Namun perlu di ingat nih, ada beberapa jenis helm yang bagian busanya nggak bisa di buka. Jadi sesuaikan saja jenis helm yang kamu punya ya. Jangan lupa saat melepas bagian kacanya dilakukan secara perlahan-lahan untuk menghindari keretakan kaca.

  • Untuk membersihkan busa, siapkan air hangat dan sampo bayi

Selanjutnya, bahan atau alat yang sobat OT butuhkan adalah ember berisi air dan sampo bayi. Untuk mengangkat seluruh kotoran di helm, kamu langsung saja rendam busa helm di air hangat dan dicampur sampo bayi yang telah dilarutkan selama 20-30 menit. Sembari menunggu, bersihkan kaca helm menggunakan lap halus yang sudah dibasahi air hangat. Jika sudah selesai, sobat OT lap lagi dengan kain mikrofiber. Jika busanya sudah selesai direndam, peraslah kemudian bilas dan jemur di bawah sinar matahari.

  •  Bersihkan batok helm dengan menggunakan wax pemoles

Salah satu alat yang dapat digunakan selanjutnya ialah wax pemoles. Tujuan poles adalah untuk menghilangkan permukaan kusam pada cat atau warna helm, sedangkan wax lebih ke proteksi cat. Jika sobat OT nggak punya wax pemoles, jangan khawatir. Kamu bisa memakai minyak kayu putih agar batok helm kamu kelihatan mengkilap. Baiknya, oleskan minyak dengan kain halus agar nggak tergores. Jangan lupa juga bersihkan sela-sela kecil, seperti ventilasi dengan menggunakan sikat gigi atau korek kuping.

  • Jika sudah bersih dan busanya kering, pasanglah kembali semua bagiannya

Apabila sudah selesai, waktunya memasang kembali. Caranya pastikan busa benar-benar menempel dengan sempurna. Ketika busa helm sudah terpasang sempurna, akan terdengar suara ‘klekk’ dari helm. Dalam memasang kaca helm memang sangat mudah sekali, tetapi kalian semua harus perhatikan antara sebelah kanan dan kirnya agar tidak tertukar. Jangan lupa pasang kacanya dengan hati-hati agar nggak retak ya sobat OT.

  • Setelah semua bagian terpasang, jemur dan semprot helm sebelum dipakai

Agar helm kamu wangi dan nggak banyak kuman, harus banget disemprot dengan parfum yang ada disinfektannya. Selanjutnya jemur helm dengan posisi bagian dalam menghadap ke atas. Lakukan hal ini agar helm kering dengan sempurna. Jika tidak ada sinar matahari, kamu bisa manfaatkan hair dryer yang ada di rumah, ya!

Itulah beberapa langkah atau cara mencuci helm sendiri untuk sobat OT di rumah. Ternyata mencuci helm sendiri tidak ribet kan? Perlu di ingat juga, adanya helm yang kotor dan bau apek datang dari pemilik helm yang malas membersihkan. Padahal, helm adalah salah satu penunjang fashion dalam berkendara.

Bagi kamu yang kebetulan di rumah saja dan punya waktu luang bisa kok mencuci helm sendiri. Saat melakukannya pun tak perlu memakai alat dan bahan yang banyak. Jadi nggak perlu laundry helm mahal-mahal. Kira-kira jika di praktikkan sendiri, nggak ada 1 jam kok sama penjemurannya. Cuci dan tinggal tunggu kering saja. Kamu tidak mau bukan penampilanmu kurang kece karena helm kotor dan bau apek? Untuk itu, rajin-rajinlah mencuci helm mu minimal satu bulan sekali ya sobat OT!

2 thoughts on “Cuci Helm Sendiri, Praktis Bau Apek Hilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *