1 Desember 2021

Pendiri Super Moto Addictive Beberkan Penyebab Goyahnya Solidaritas Komunitas Motor

3 min read

Sumber: Potret Anggota Super Moto Addictive (Super Moto Addictive)

Ottifo.com – Komunitas Otomotif sudah sejak lama ada di Indonesia, khususnya motor. Salah satu geng motor atau komunitas yang tercatat dalam sejarah Indonesia yaitu Batavia. Pada tahun 1915 Batavia didirikan. Meski Kota Bandung sempat dianggap sarangnya anak- anak motor, tapi geng atau komunitas motor pertama muncul justru di Jakarta. Mengutip dari Motorplus-online.com, nama geng motor pertama di Indonesia adalah Motorfiets Rijders Te Batavia. Motorfiets Rijders Te Batavia berdiri pada zaman Pemerintah Hindia Belanda, di tahun 1915, alias 105 tahun lalu tuh. Dapat disimpulkan bila kelahirannya hanya beda 12 tahun dari pendirian klub motor tertua di dunia yaitu Yonkers Motorcycle Club pada 1903 di Kota New York, Amerika Serikat. Kali ini, tim kelompok kami mendapat kesempatan untuk mewawancarai salah satu pendiri sekaligus humas dari komunitas Super Moto Addictive, Isnain Fiqi Yuliansyah. Menilik latar belakang Super Moto Addictive. Pada tahun 2019 akhir, berawal dari keisengan bermain Instagram, stalking dunia super moto, sepeda motor trail berbasis jalan raya (Super Moto) akhirnya isnain sedikit tertarik dengan otomotif khususnya Super Moto. Membeli dengan uang kerja, join, lanjut dengan sunmori dan night ride bersama temannya dan akhirnya merasa asik saat riding.

Potret Anggota Super Moto Addictive
Potret Anggota Super Moto Addictive (Super Moto Addictive)

Pada tahun 2019 di daerah Malang. komunitas motor sudah mulai muncul satu persatu, dari yang minat untuk nightide, sunmori, dan kopdar. Januari 2020, Isnain join dengan temannya all bike (semua jenis motor), sempat join dan sharing, 2x ikut nightride akan tetapi mengganjal (dalam arti banyak yang arogan dan norak), tidak merasa nyaman akhirnya keluar. Sempat juga crash dengan teman member all bike karena perbedaan pendapat. Saat memutuskan keluar dan solo, Isnain bertemu teman SMP yang memiliki super moto juga dan menemukan ide lanjut akhirnya mendirikan komunitas super moto addictive. Setelah beberapa tahun kemudian.  Super Moto Addictive telah diresmikan pada 27 Maret 2021. Meski, banyak kendala dan lika-liku saat membentuk komunitas seperti, teman atau bisa disebut pendiri yang lain memutuskan keluar karena fokus untuk membangun kedai (beberapa saat setelah diresmikannya komunitas).

Menurut isnain sangatlah sulit karena semua karakter dan sifat member berbeda-beda, ada yang masih dibangku sma, kuliah, ataupun kerja dan sudah punya anak. Banyak pendapat member disaring lagi untuk ditemukan jalan tengahnya. Isnain lebih sering berdiskusi perihal komunitas kepada member yang berumur karena lebih dewasa dan berpengalaman. Sampai detik ini, masih ada problem seperti anak-anak yang cuma ikut-ikutan untuk panjat sosial.

Isnain memaparkan, ada 3 masalah yang membuat komunitas pecah diantaranya:

  1. Perempuan
  2. Uang
  3. Adanya forum didalam forum

Saat ini, Super Moto Addictive sudah memiliki 52 anggota resmi semenjak didirikan. Mayoritas membernya masih dibangku sekolah dan kuliah, adapun member yang bekerja ataupun berumah tangga, bahkan ada 3 wanita yang ikut komunitas Super Moto Addictive. Di malang ada 3 komunitas khusus super moto yang sudah resmi atau dibawah naungan dari Indonesia:

  1. Super moto Indonesia Batu
  2. Super moto Indonesia Kepanjen
  3. Kracker Malang

Perempuan mengapa jarang ada dalam komunitas? Menurut Isnain perempuan itu berbahaya saat bergabung dalam komunitas motor. “ya gimana, namanya cewe main motor. Kalo zaman sekarang sudah jadi pantauan anggota komunitas yang lain”, jelas Isnain.

Dari penjelasan Isnain di atas, dapat disimpulkan bahwa menurutnya Perempuan tergolong dianggap remeh saat mengikuti Komunitas Otomotif. Disisi lain, itu juga yang menjadi sebab rusak atau pecahnya komunitas. Contohnya 2 orang laki-laki yang menyukai satu orang perempuan dalam lingkup Komunitas, akhirnya menimbulkan konflik dan crash karena bersaing untuk mendapatkan salah satu perempuan itu. Adapun tokoh yang menginspirasi isnain dalam dunia otomotif yaitu pembangun Federasi Otomotif Malang Djoni Bambang S atau akrab dipanggil Om Jhn. Om Jhon wafat pada 29 maret 2021. Sempet datang pada peresmian super moto addictive. Om Jhon merupakan Pengguna Motor CB150R Touring. Sudah menjabat 25 tahun sebagai ketua Federasi Otomotif Malang. Area Malang bahkan Indonesia sudah mengetahui ketangguhan dari Om Jhon. Oleh sebab itu dia menjadikan Beliau sebagai Inspirasi ketika membangun komunitas Super Moto Addictive.

1 thought on “Pendiri Super Moto Addictive Beberkan Penyebab Goyahnya Solidaritas Komunitas Motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *