29 November 2021

Tips Safety Riding Bagi Pengendara Motor

3 min read
Gerhard Siebert 'safety riding'

Sumber: Potret Safety Riding (Gerhard Siebert)

Ottifo.com – Berkendara sepeda motor harus merasa aman dan nyaman. Salah satu cara dalam mencapai kenyamanan dan keamanan itu, sebagai pengendara motor harus membiasakan dan mengutamakan Safety Riding. Dengan menerapkan kebiasaan ini dapat menguntungkan diri sendiri dan pengendara lainnya.

 Di lansir dari laman safetyshoe.com, penerapan Safety Riding sudah diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada BAS XI Pasal 203 Ayat 2 huruf a yang berbunyi : “Untuk menjamin Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ditetapkan rencana umum nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, meliputi: Penyusunan program nasional kegiatan Keselamatan dan Angkutan Jalan.” Adapun penjelasan dari pasal 203 Ayat 2 huruf a bahwa program nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan diantaranya yaitu tentang Cara Berkendara dengan Selamat (Safety Riding).

Safety Riding ini diterapkan dan harus didukung penuh dalam pelaksanannya demi terciptanya kenyamanan dan keamanan maupun keselamatan di jalan raya. Dengan adanya peraturan ini harus memerlukan waktu agar dapat mempengaruhi perilaku dalam berkendara yang aman. Peraturan ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kendaraan bermotor yang terjadi di Indonesia. Seperti yang dilansir dari laman oto.detik.com yang disampaikan oleh perwakilan Yamaha Indonesia yaitu menjelaskan kondisi emosi dan fisik rider yang menyebabkan tidak fokus dalam membawa motor.

Safety mind berpengaruh juga terhadap safety riding. Misalnya saat kecepatan rider mencapai 50 km/jam, seharusnya pengendara yang fokus melihat kondisi di depan jalannya hanya membutuhkan 0,4 detik setara 5,5 meter untuk merespon dari otak ke tindakan yang akan dilakukannya. Sedangkan orang yang banyak pikiran butuh 0,8 detik setara 11 meter.Jangan sampai kita yang dikendalikan motor, tapi kita harus yang mengedalikan motor,” ucapnya dilansir dari laman oto.detik.com.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam berkendara agar keselamatan diri terjamin dengan melakukan safety riding mulai saat ini. Sebagai sesama pengguna jalan kita harus bertanggung jawab dalam keselamatan diri masing-masing dan orang lain yang ada di sekitaran kita. Oleh karena itu, pentingnya pemahaman safety riding ketangkasan dalam melakukan mengendarai kendaraan dengan budaya keselamatan dalam berkendara.

Berikut tips dalam berkendara seperti dilansir dari laman astramotor.co.id.

  • Perlengkapan Surat – Surat Kendaraan Bermotor

Wajib membawa surat kelengkapan kendaraan seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan SIM (Surat Izin Mengemudi) yang sudah diperpanjang jika mati.

  • Perlengkapan Berkendara

Sebelum turun ke jalan dalam berkendara harus memperhatikan kelengkapannya dan memakai perlengkapan safety riding yang aman dan nyaman bagi pengendara. Menggunakan helm sebagai pelindung kepala yang harus sudah memiliki logo SNI. Memakai jaket, sarung tangan, diusahakan menggunakan celana panjang, dan bersepatu. Kelengkapan motor yaitu kaca spion harus dua disisi kiri dan kanan, kaca spionya harus sesuai standar yang ditentukan. Jangan lupa periksa kendaraan sebelum di bawa ke jalanan.

  • Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Jika Anda sedang buru-buru jangan sampai untuk menghiraukan rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas itu sangat penting, jika dilanggar akan berakibat fatal.

  • Jangan Bermain HP Saat Berkendara

Sudah banyak sekali kasus kecelakaan yang disebabkan oleh pengedara yang lalai. Jika ingin menggunakan HP diharapkan untuk menepi ke pinggir jalan agar tidak merugikan pengendara yang lain.

  • Siapkan Jadwal Keberangkatan

Sebisa mungkin sudah memperhitungkan jarak tempuh yang akan dilalui, Agar tidak ugal-ugalan saat berkendara di jalan dan tidak menimbulkan sifat terburu-buru untuk sampai di tempat yang dituju.

  • Perhatikan Penggunaan Lampu Sein

Penggunaan lampu sein ini akan menandakan kamu akan berbelok ke arah yang diinginkan, jangan sampai menyalakan lampu sein namun tidak sesuai dengan arahnya. Intinya jangan membuat bingung pengendara lain dengan lampu sein yang kamu gunakan saat akan belok.

Tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan memiliki kesadaran untuk berkendara dengan tertib agar pengguna jalan dan pengendara yang lain tidak merasa dirugikan oleh diri anda. Jangan lupa untuk menggunakan tips di atas sebagai panduan safety riding dalam berkendara ya, Sobat OT!

2 thoughts on “Tips Safety Riding Bagi Pengendara Motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *